CONTOH RPL BK KLASIKAL
Selamat pagi bapak dan ibu guru BK. ini saya punya contoh RPL BK Klasikal. RPL Ini saya dapat dari PPG Kemarin jadi Saya menganggap ini sudah benar karna sudah lulus dari revisi beberapa kali. Terimakasih untuk bu MIA SMA N 12 Semarang atas transferan ilmu yang diberikan ke saya. Semoga ibu selalu sehat.
Nah dalam membuat RPL, ketika kita memilih salah satu tehnik, maka langkah langkah yang harus di lakukan juga sesuai dengan SOP BK. Nanti di lain waktu akan saya share SOP BK
Nah dalam membuat RPL, ketika kita memilih salah satu tehnik, maka langkah langkah yang harus di lakukan juga sesuai dengan SOP BK. Nanti di lain waktu akan saya share SOP BK
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik /
Tema Layanan
|
Pengembangan Potensi diri remaja
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
E
|
Tujuan Umum
|
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat menjelaskan tentang potensi diri
( C2 )
2.
Peserta
didik/konseli dapat menjelaskan macam- macam potensi diri yang dimiliki (
P4)
3.
Peserta didik mampu
menemukan cara menggali potensi diri
( C4 )
4.
Peserta
didik/konseli dapat Menunjukkan potensi diri yang
dimilik ( A5)
5.
Peserta didik mampu menyimpulkan cara mengembangkan potensi
diri yang dimiliki (C4)
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
X AK, X TKR, X TKJ
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Pengertian potensi diri
2.
Macam-macam potensi diri
3.
Mengenali potensi
diri
4.
Menggali
potensi diri
5.
Cara
mengembangkan potensi diri
|
I
|
Waktu
|
2 jam
pelajaran x 45 Menit = 90 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan
dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling bidang pribadi,
Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi Itu
Mudah.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4. Eliasa Imania Eva,
Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam
Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Think Pair Share
|
L
|
Media /
Alat
|
LCD,
Power Point, Alat Tulis
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1.
Tahap Awal /Pedahuluan
|
||
a. Pernyataan Tujuan
|
1.
Guru Bimbingan dan Konseling membuka kegiatan bimbingan klasikal dengan
memberi salam dan berdoa
2.
Membina
hubungan baik dengan menanyakan kabar
dan ice breaking/ games sederhana
3.
Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan tentang
tujuan tujuan
khusus yang
akan dicapai
|
|
b. Penjelasan tentang
langkah-langkah kegiatan
|
1. Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab
peserta didik.
2. Guru BK menyampaikan kontrak waktu layanan yang
akan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran
|
|
c. Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik
yang akan dibicarakan yaitu Pengembangan potensi diri remaja
|
|
d. Tahap
peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik
melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|
2. Tahap
Inti
|
||
a. Kegiatan peserta didik
|
1.
Peserta
didik mengamati tayangan power point
2.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
teman sebangkunya
3.
Peserta
didik menulis potensi teman sebangku i yang dimiliki dan cara
mengembangkannya
4.
Peserta
didik mempresentasikan hasil dari apa yang di tuli di depan kelas
5.
Peserta
didik menanggapi Analisa dari teman
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1.
Guru BK menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dan
memotivasi peserta didik.
2.
Guru BK menyajikan materi yang telah disiapkan yaitu tentang
pengembangan potensi diri remaja dengan power point
3.
Guru BK membentuk kelompok dan membantu setiap kelompok
agar melakukan transisi secara efesien yaitu dengan teman sebangku
4.
Guru BK memberi waktu kepada kelompok untuk saling menganalisa potensi
yang dimiliki
5.
Guru BK memberi waktu kepada peserta didik untuk
mempresentasikan dari hasil analisa teman sebangkunya
6.
Guru BK memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanggapi hasil
analisa dari teman sebangkunya
7.
Guru BK memberikan penghargaan atas kerja dari kelompok
|
|
3.
Tahap Penutup
|
1.
Peserta
didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.
Peserta
didik merefleksi kegiatan dengan mengungkap kemanfaatan kegiatan bimbingan
klasikal tema pemgembangan potensi diri secara lisan
3.
Guru BK
membuat catatan- catatan observasi selama peoses layanan Bimbingan klasikal
4.
Guru
Bimbingan dan Konseling atau konselor memberikan penguatan atau Merencanakan tindak lanjut.
|
|
N
|
Evaluasi
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
a.
Mengadakan
refleksi
b. Sikap
peserta didik dalam mengikuti kegiatan : (contoh :semangat/ kurang semangat/
tidak semangat)
c.
Cara
peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya : sesuai dengan topik/
kurang sesuai dengan topik/ tidak sesuai dengan topik
d. Cara
peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Guru Bimbingan dan
Konseling atau konselor: mudah dipahami/ tidak mudah/ sulit dipahami
e. Guru BK
menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur dengan
mengucap “ Hamdallah “ dan mengakhiri dengan salam
|
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal,
antara lain:
a.
Merasakan
suasana pertemuan: menyenangkan/ kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
b.
Topik
yang dibahas: sangat penting/ kurang penting/ tidak penting
c.
Cara
Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan: mudah dipahami/
tidak mudah/ sulit dipahami
d.
Kegiatan
yang diikuti: menarik/ kurang menarik/ tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraian
materi
2. Lembar
kerja siswa
3.
Instrumen penilaian
Mengetahui
Kepala SMK Darussalam Subah
Misbakhul Huda, S.Th.I, M.Pd
|
Batang, Oktober 2019
Praktikan
Ernawati, S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar