CONTOH RPL BK KLASIKAL

Selamat pagi bapak dan ibu guru BK. ini saya punya contoh RPL BK Klasikal. RPL Ini saya dapat dari PPG Kemarin jadi Saya menganggap ini sudah benar karna sudah lulus dari revisi beberapa kali. Terimakasih untuk bu MIA SMA N 12 Semarang atas transferan ilmu yang diberikan ke saya. Semoga ibu selalu sehat.
Nah dalam membuat RPL, ketika kita memilih salah satu tehnik, maka langkah langkah yang harus di lakukan juga sesuai dengan SOP BK. Nanti di lain waktu akan saya share SOP BK



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik / Tema Layanan
Pengembangan Potensi diri remaja

D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
E
Tujuan Umum
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
F
Tujuan Khusus
1.   Peserta didik/konseli dapat menjelaskan tentang  potensi diri
 ( C2 )
2.   Peserta didik/konseli dapat menjelaskan  macam- macam potensi diri yang dimiliki ( P4)
3.   Peserta didik mampu menemukan cara menggali potensi diri    ( C4 )
4.   Peserta didik/konseli  dapat Menunjukkan potensi diri yang dimilik ( A5)
5.   Peserta didik mampu menyimpulkan cara mengembangkan potensi diri yang dimiliki (C4)

G
Sasaran Layanan
Kelas X AK, X TKR, X TKJ
H
Materi Layanan
1.    Pengertian potensi diri
2.    Macam-macam potensi diri
3.    Mengenali potensi diri
4.    Menggali potensi diri
5.    Cara mengembangkan potensi diri
I
Waktu
2 jam pelajaran  x  45 Menit = 90 Menit
J
Sumber Materi
1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
3.  Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi Itu Mudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.  Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Think Pair Share
L
Media / Alat
LCD, Power Point, Alat Tulis
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   Pernyataan Tujuan


1. Guru Bimbingan dan Konseling membuka kegiatan bimbingan klasikal dengan memberi salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan menanyakan kabar  dan ice breaking/ games sederhana
3. Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan tentang tujuan tujuan khusus yang akan dicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik.
2. Guru BK menyampaikan kontrak waktu layanan yang akan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran

c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan yaitu Pengembangan potensi diri remaja
d. Tahap peralihan
     ( Transisi)
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2. Tahap Inti
a.      Kegiatan peserta didik
1.       Peserta didik mengamati tayangan power point
2.       Peserta didik membentuk kelompok dengan teman sebangkunya
3.       Peserta didik menulis potensi teman sebangku i yang dimiliki dan cara mengembangkannya
4.       Peserta didik mempresentasikan hasil dari apa yang di tuli di depan kelas
5.       Peserta didik menanggapi Analisa dari teman

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.      Guru BK menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dan memotivasi peserta didik.
2.      Guru BK menyajikan materi yang telah disiapkan yaitu tentang pengembangan potensi diri remaja dengan power point
3.      Guru BK membentuk kelompok dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efesien yaitu dengan teman sebangku
4.      Guru BK memberi waktu kepada kelompok untuk saling menganalisa potensi yang dimiliki
5.      Guru BK memberi waktu kepada peserta didik untuk mempresentasikan dari hasil analisa teman sebangkunya
6.      Guru BK memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanggapi hasil analisa dari teman sebangkunya
7.      Guru BK memberikan penghargaan atas kerja dari kelompok

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkap kemanfaatan kegiatan bimbingan klasikal tema pemgembangan potensi diri secara lisan
3.     Guru BK membuat catatan- catatan observasi selama peoses layanan Bimbingan klasikal
4.     Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor memberikan penguatan atau Merencanakan tindak lanjut.
N
Evaluasi

1.  Evaluasi Proses
Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
a.      Mengadakan refleksi
b.   Sikap peserta didik dalam mengikuti kegiatan : (contoh :semangat/ kurang semangat/ tidak semangat)
c.      Cara peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya : sesuai dengan topik/ kurang sesuai dengan topik/ tidak sesuai dengan topik
d. Cara peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor: mudah dipahami/ tidak mudah/ sulit dipahami
e.    Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur dengan mengucap “ Hamdallah “ dan mengakhiri dengan salam
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain:
a.      Merasakan suasana pertemuan: menyenangkan/ kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
b.     Topik yang dibahas: sangat penting/ kurang penting/ tidak penting
c.      Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan: mudah dipahami/ tidak mudah/ sulit dipahami
d.     Kegiatan yang diikuti: menarik/ kurang menarik/ tidak menarik untuk diikuti
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Uraian materi
2.      Lembar kerja siswa
3.      Instrumen penilaian
     

Mengetahui
Kepala SMK Darussalam Subah



Misbakhul Huda, S.Th.I, M.Pd

                       Batang, Oktober 2019

Praktikan


Ernawati, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )