CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL



Selamat pagi, ini hanya sekedar contoh dari laporan pelaksanaan konseling individual. Bukan bermaksud untuk tidak menjaga asas kerahasiaan, namun ini sekedar memberi gambaran.


LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING INDIVIDUAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020


1.     Nama Konseli          : AJU (inisial/disamarkan)
2.     Kelas/Semester        : X TKR / Ganjil
3.     Hari, Tanggal           : Selasa, 7 April 2020
4.     Pertemuan ke-         : Pertama
5.     Waktu                      : 60 menit
6.     Tempat                     : Ruang BK (Ruang Konseling Individual)
7.     Pendekatan dan teknik  konseling yang digunakan : Behaviour
8.     Hasil yang dicapai  :      
a.      Deskripsi konseli
AJU salah satu siswa yang tidak aktif di kelas, tidak mempunyai teman di kelas, selalu duduk sendiri dan PHT dia mendapat rangkin 30
b.     Masalah yang dialami
Dari konseling yang dilaksanakan, AJU membenarkan bahwa dia malas belajar karena dia kurang memahmi mapelajaran. Dia mengikuti kegiatan volli dirumah setelah pulang sekolah, dia hidup dengan simbahnya. Rumah hanya sebagai tempat singgah sementara yaitu mandi dan menaruh tas di rumahnya. Dia mempunyai kakak yang sedang kuiah di UIN dan adik yang masih sekolah SD. Dia mengakui tidak pernah belajar dan orang tua juga tidak memarahi atau mengarahkan dia untuk belajar. Dia hanya belajar saat mau ulangan saja.
c.       Diagnosis
Konseli kurang manajemen waktu dan kurang mendapat motivasi dari keluarga serta asik dengan HPnya
d.     Prognosis
Membantu konseli bisa mengubah kebiasaan/ perilaku sehari- hari dengan belajar lebih menghargai waktu dan menajemen waktu dengan baik.
e.       Tujuan konseling
Dalam pandangan behavior manusia pada hakikatnya bersifat mekanistik atau merespon kepada lingkungannya dengan control yangterbatas, hidup dalam alam deterministic dan sedikit peran aktifnya dalam memilih martabatnya. Manusia memulai kehidupannya dengan memberikan reaksi terhadap lingkungannya dan interaksi ini menghasilkan pola- pola perilaku yang kemudian membentuk kepribadian. Secara umum tujuan konseling perilaku adalah menciptakan kondisi- kondisi baru bagi konseli untuk belajar perilaku adaptif. Konseling behavior hakikatnya merupakan suatu proses membantu individu untuk belajar memecahkan masalah interpersonal, emosional, dan keputusan tertentu.

·         Pendekatan Behavior
Tonggak dari konseling perilaku adalah mengidentifikasi tujuan khusus dalam proses konseling. Dalam membantu konseli mencapai tujuan, konselor perilaku secara khusus berperan aktif dan mengarahkan. Walaupun konselor pada umumnya menentukan apa perilaku yang akan diubah, konselor secara khusus menentukan apa perilaku yang akan diubah, konselor secara khusus menentukan bagaimana perilaku tersebut di modifikasi sebaik- baiknya. Dalam merancang perencanaan penanganan, konselor menggunakan teknik dan prosedur dari macam- macam system konseling dan mengaplikasikan mereka terhadap kebutuhan unik konseli.
·         Teknik yang digunakan yaitu kontrak perilaku
Pada tahapan ini konselor melakukan curah pendapat ( Branstraming ) bersama konseli untuk menentukan dan melaksanakan strategi atau teknik pengubahan perilaku yang akan digunakan untuk mencapai tingkahlaku yang diinginkan dan menjadi tujuan konseling.
f.      Tahap- tahap konseling
Langkah- langkah dalam konseling behavior bervariasi, tidak ada satu pola tertentu yang baku. Namun demikian proses konseling tersebut dibingkai oleh kerangka kerja untuk mengajar konseli dalam mengubah tingkahlakunya.
1)     Membina hubungan baik
2)     Mengidentifikasi masalah
3)     Merumuskan tujuan
4)     Implementasi teknik
5)     Evaluasi dan pengakhiran

g.     Hasil konseling
1.     Konseli belum mau terbuka terkait pekerjaan orang tua yang ternyata menjadi salah satu konseli tidak pernah pelajar.
2.     Perubahan raut muka saat diadakan konseling saat ditanya tentang pekerjaan orang tua
3.     Konseli juga akan memanajemen waktu yaitu mengurangi jadwal ngobrol teman sampai larut malam dan hanya akan menggunakan jadwal ngobrol dihari jumat dan sabtu serta mengurangi bermain HP
                                                                                                      

Mengetahui
Guru Pamong



Nur Inda Sari, S.Pd
                 Batang,   April 2020

Guru BK


Ernawati, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )