CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL
Selamat pagi, ini hanya sekedar contoh dari laporan pelaksanaan konseling individual. Bukan bermaksud untuk tidak menjaga asas kerahasiaan, namun ini sekedar memberi gambaran.
LAPORAN
PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING
INDIVIDUAL
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
1. Nama
Konseli : AJU
(inisial/disamarkan)
2.
Kelas/Semester :
X TKR / Ganjil
3.
Hari, Tanggal : Selasa, 7 April 2020
4.
Pertemuan ke- : Pertama
5.
Waktu :
60 menit
6.
Tempat :
Ruang BK (Ruang Konseling Individual)
7.
Pendekatan dan teknik konseling yang digunakan : Behaviour
8.
Hasil yang dicapai :
a.
Deskripsi
konseli
AJU salah satu siswa yang tidak
aktif di kelas, tidak mempunyai teman di kelas, selalu duduk sendiri dan PHT
dia mendapat rangkin 30
b.
Masalah
yang dialami
Dari konseling yang dilaksanakan,
AJU membenarkan bahwa dia malas belajar karena dia kurang memahmi mapelajaran.
Dia mengikuti kegiatan volli dirumah setelah pulang sekolah, dia hidup dengan
simbahnya. Rumah hanya sebagai tempat singgah sementara yaitu mandi dan menaruh
tas di rumahnya. Dia mempunyai kakak yang sedang kuiah di UIN dan adik yang
masih sekolah SD. Dia mengakui tidak pernah belajar dan orang tua juga tidak
memarahi atau mengarahkan dia untuk belajar. Dia hanya belajar saat mau ulangan
saja.
c.
Diagnosis
Konseli kurang manajemen waktu dan
kurang mendapat motivasi dari keluarga serta asik dengan HPnya
d.
Prognosis
Membantu konseli bisa mengubah
kebiasaan/ perilaku sehari- hari dengan belajar lebih menghargai waktu dan
menajemen waktu dengan baik.
e.
Tujuan konseling
Dalam pandangan
behavior manusia pada hakikatnya bersifat mekanistik atau merespon kepada
lingkungannya dengan control yangterbatas, hidup dalam alam deterministic dan
sedikit peran aktifnya dalam memilih martabatnya. Manusia memulai kehidupannya
dengan memberikan reaksi terhadap lingkungannya dan interaksi ini menghasilkan
pola- pola perilaku yang kemudian membentuk kepribadian. Secara umum tujuan
konseling perilaku adalah menciptakan kondisi- kondisi baru bagi konseli untuk
belajar perilaku adaptif. Konseling behavior hakikatnya merupakan suatu proses
membantu individu untuk belajar memecahkan masalah interpersonal, emosional,
dan keputusan tertentu.
·
Pendekatan
Behavior
Tonggak
dari konseling perilaku adalah mengidentifikasi tujuan khusus dalam proses
konseling. Dalam membantu konseli mencapai tujuan, konselor perilaku secara
khusus berperan aktif dan mengarahkan. Walaupun konselor pada umumnya
menentukan apa perilaku yang akan diubah, konselor secara khusus menentukan apa
perilaku yang akan diubah, konselor secara khusus menentukan bagaimana perilaku
tersebut di modifikasi sebaik- baiknya. Dalam merancang perencanaan penanganan,
konselor menggunakan teknik dan prosedur dari macam- macam system konseling dan
mengaplikasikan mereka terhadap kebutuhan unik konseli.
·
Teknik
yang digunakan yaitu kontrak perilaku
Pada
tahapan ini konselor melakukan curah pendapat ( Branstraming ) bersama konseli
untuk menentukan dan melaksanakan strategi atau teknik pengubahan perilaku yang
akan digunakan untuk mencapai tingkahlaku yang diinginkan dan menjadi tujuan
konseling.
f.
Tahap- tahap konseling
Langkah-
langkah dalam konseling behavior bervariasi, tidak ada satu pola tertentu yang
baku. Namun demikian proses konseling tersebut dibingkai oleh kerangka kerja
untuk mengajar konseli dalam mengubah tingkahlakunya.
1)
Membina hubungan baik
2)
Mengidentifikasi masalah
3)
Merumuskan tujuan
4)
Implementasi teknik
5)
Evaluasi dan pengakhiran
g.
Hasil
konseling
1.
Konseli belum mau terbuka terkait
pekerjaan orang tua yang ternyata menjadi salah satu konseli tidak pernah
pelajar.
2.
Perubahan raut muka saat diadakan
konseling saat ditanya tentang pekerjaan orang tua
3.
Konseli juga akan memanajemen waktu
yaitu mengurangi jadwal ngobrol teman sampai larut malam dan hanya akan
menggunakan jadwal ngobrol dihari jumat dan sabtu serta mengurangi bermain HP
Mengetahui
Guru
Pamong
Nur Inda Sari, S.Pd
|
Batang, April 2020
Guru BK
Ernawati, S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar