CONTOH RPL BIMBINGAN KELOMPOK
Mumpung masih hangat nya, saya akan nyimpen ilmu yang saya dapat hasil dari PPG. dan semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua. Kali ini saya menggunakan tehnik SOSIODRAMA. Mohon kritik dan saran yang membangun
Mereka lalu tertawa bersama
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
||
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi – Belajar
|
||
C
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan pencegahan
|
||
D
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik atau konseli mampu menampilkan hidup hemat, ulet,
sungguh- sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri
|
||
E
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik mampu menyimpulkan Faktor Penyebab
Menyontek ( C6 )
2.
Peserta didik mampu mempertajam pengetahuan Akibat Menyontek (P5)
3.
Peserta didik mampu memecahkan masalah Cara Penanggulangan menyontek (A5)
|
||
F
|
Topik
|
Mencontek dan Akibatnya
|
||
G
|
Sasaran Layanan
|
X TKJ (Kelompok 3 )
|
||
H
|
Metode dan Teknik
|
Sosiodrama
|
||
I
|
Waktu
|
60 Menit
|
||
J
|
Media/ Alat
|
Naskah Sosiodrama
|
||
K
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Rabu, Januari 2020
|
||
L
|
Sumber bacaan
|
Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan
dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
|
||
M
|
Uraian Kegiatan
|
|||
1.Tahap Awal
|
||||
·
Penyataan Tujuan
|
1. Guru BK membuka
dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta didik (menanyakan
kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Guru
BK menyampaikan tentang tujuan bimbingan kelompok, yaitu:
a.
Peserta didik mampu menyimpulkan Faktor Penyebab
Menyontek ( C6 )
b. Peserta didik mampu mempertajam pengetahuan Akibat Menyontek (P5)
c.
Peserta didik mampu memecahkan masalah Cara Penanggulangan menyontek (A5)
|
|||
·
Penjelasan tentang langkah- langkah kegiatan
kelompok ( Pembentukan kelompok )( pembentukan kelompok )
|
Guru
BK menjelaskantentang langkah-langkah kegiatan kelompok:
a. Konselor
menjelaskan bahwa bimbingan kelompok ini akan dilaksanakan dengan teknik
sosiodrama dan peserta didik akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok
pemain dan kelompok pengamat
b. Konselor
membacakan garis besar cerita sosiodrama tentang mencontek dan akibatnya
c.
Konselor memberi penjelasan tentang tugas yang harus
dilakukan masing-masing kelompok
d.
Menyepakati
waktu bersama dalam kegiatan bimingan kelompok
|
|||
·
Mengarahkan Kegiatan ( Konsolidasi)
|
Guru
BK memberikan
penjelasan tentang topik
yang akan dibicarakan
yaitu arti mencontek dan akibatnya
|
|||
2. Tahap
Peralihan ( Transisi )
|
||||
Guru
BK menanyakan kalau-kalau ada siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasannya
(Storming)
|
a.
Guru
BK menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan kegiatan kelompok
b. Guru BK memberikan
kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang tugas-tugas yang belum
mereka pahami
c.
Guru
BK menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab jika
diperlukan
|
|||
Guru
BK menyiapkan siswa untuk menyiapkan komitmen tentang kegiatan yang akan
dilakukan (Norming)
|
a.
Guru BK menanyakan kesiapan para peserta untuk melaksanakan
tugas.
b.
Setelah semua peserta menyatakan siap, kemudian guru BK
atau konselor memulai masuk ke tahap inti/ kerja
|
|||
1. Tahap
Inti/ Kerja
|
||||
Proses/kegiatan yangdialami pesertadidikdalamsuatu
kegiatanbimbingan
berdasarkantekniktertentu (Eksperientasi)
|
Peserta didik melakukan kegiatan sesuai
langkah-langkah dan tugas serta tanggung jawabnya yang telah dijelaskan,
yaitu:
a.
Kelompok pemain secara berkelompok dalam waktu 5
menit untuk mengidentifikasi tokoh dalam cerita, menentukan siapa yang akan
berperan sesuai tokoh yang ada, menentukan skenario cerita, dan menampilkan
sosiodrama.
b. Kelompok
pengamat bertugas mengamati jalannya sosiodrama.
|
|||
Pengungkapan
perasaan, pemikiran dan pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan
bimbingan (refleksi)
|
Guru BK memimpin diskusi setelah pelaksanaan
sosiodrama. Refleksi yang akan diungkap adalah:
a.
Refleksi
Identifikasi.
§ Bagaimana perasaan
peserta didik saat memerankan perannya masing-masing?
§ Pemahaman
apa yang diperoleh setelah mengikuti proses sosiodrama ini?”
b.
Refleksi
Analisis
Apa arti pentingnya persahabatan dalam
hubungan sosial ?
c.
Refleksi
Generalisasi
Selanjutnya,
apa rencanamu setelah mengikuti sosiodrama ini?”
|
|||
4.Tahap Pengakhiran
|
||||
Menutup kegiatan dan tindak lanjut
|
Guru BK menyimpulkan hasil sosiodrama dan memberikan penguatan
kepada peserta didik berkaitan dengan tugas perkembangannya serta memberikan tindak
lanjut konseling individual atau kelompok bagi peserta didik yang
menginginkannya. Akhir dari tahap ini
adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming)
|
|||
N
|
Evaluasi
|
|||
1. Evaluasi Proses
|
Evaluasi
setelah melihat proses yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok,
meliputi:
a.
Menilai partisipasi dan antusiasme peserta
dalam mengikuti
kegiatan.
b.
Menilai
proses dinamika kelompok
c.
Menilai
keterlaksanaan proses layanan
|
|||
2. Evaluasi hasil
|
Evaluasi
setelah mengikuti
bimbingan kelompok
antara lain:
a.
Mengajukan pertanyaan untuk menilai pengalaman konseli
dalam bimbingan
kelompok
b.
Menilai
perubahan pemahaman, sikap, dan tingkah laku siswa.
c.
Anggota
kelompok mengisi instrumen penilaian dari guru BK.
Tentang mencontek dan akibatnya
|
|||
Mengetahui
Kepala SMK Darussalam Subah
Nur Inda Sari, S.Pd
|
Batang, Januari 2020
Guru BK
Ernawati,
S.Pd
|
TEKS
SOSIODRAMA
Tema : Mencontek
Tokoh :
1. Arga :
1. Arga :
2.
Supri :
3. Anjas (kelas
IX) :
4. Bimo (kelas
IX) :
5. Bu Maria (guru
IPA) :
6. Bu Linda (guru
BK) :
Arga
dan Supri adalah teman baik, kemanapun mereka selalu bersama. Mereka juga
selalu belajar bersama. Arga menduduki peringkat 1 di kelasnya, sedangkan Supri
menduduki peringkat 3.
Suatu
hari, Bu Maria membagikan hasil ulangan IPA.
Bu
Maria : Arga!! Supri!! (sambil memberikan
kertas ulangan)
Setelah
seluruh hasil ulangan selesai dibagikan..
Supri : Lihat!!
Arga, aku mendapatkan nilai 100.! (menunjukkan kertas ulangan)
Arga : Hebat!
Aku saja hanya mendapatkan 80..
Supri : Hm,,
Arga, kupikir..Mulai sekarang kita tidak perlu belajar bersama lagi, deh..
Arga : Lho?
Kenapa begitu??
Supri : Kupikir
tanpa harus belajar bersama, aku pasti bisa menyaingimu.. (lalu pergi
meninggalkan Arga)
Arga
merasa dia diremehkan, lalu Arga berjalan keluar kelas melewati bangku Supri
yang kosong.
Tanpa
sengaja Arga melihat selembar kertas bertuliskan notasi lagu, tetapi hanya
memakai nada do-re-mi-fa. Karena penasaran, Arga lalu mengambil kertas itu dan
membawanya ke kantin.
Di
kantin, Arga memandangi kertas itu dengan teliti. Diam-diam Arga mencoba
melagukan notasi itu.
Tiba-tiba
Anjas datang.
Anjas : Lagu
apa yang sedang kamu gumamkan? Ko nadanya aneh.
Arga : Ini.
(menunjukkan kertas) Aku mendapatkannya di loker meja Supri.
Anjas : Supri
sahabatmu?
Arga : Ya,
tapi tampaknya ia tidak mengakuiku sebagai sahabatnya lagi.
Anjas : Kenapa
begitu?
Arga : Saat
ulangan IPA, aku mendapat nilai 80, dan Supri mendapat nilai 100. Lalu
tiba-tiba Supri mendatangiku dan bilang kalau ia tidak mau belajar bersama
lagi..
Anjas : Aneh,,
boleh aku minjam kertas itu? (menunjuk kertas)
Arga : Ya
(menyerahkan kertas)
Anjas
memperhatikan kertas itu dengan teliti, lalu berkata.
Anjas : Melihat
kertas ini, aku jadi ingat cara Bu Linda saat mengoreksi ulangan kami. Bu Linda
mengganti pilihan jawaban A, B, C, dan D dengan notasi do-re-mi-fa. Dan rasanya
aku pernah melihat Bimo menulis notasi seperti ini.
Arga : Benarkah?
Jangan-jangan.. (berdiri)
Anjas : Ya,
sepertinya mereka curang!! (berdiri) Ayo, kita lapor. (menarik tangan Arga)
Arga : Tapi..
Aku tidak tega..
Anjas : Kecurangan
ini harus diakhiri!
Mereka
berdua akhirnya melapor pada Bu Linda, guru BK
Anjas : Ibu,
saat Ulangan IPA kemarin, di kelas X MIPA 6 ada yang curang, Bu!!
Bu
Linda : Curang bagaimana??
Anjas : Supri
mencontek menggunakan kertas ini. (menyerahkan kertas)
Bu
Linda : (mengambil kertas) Apa ini
kunci jawaban?
Arga : IYA,
dan notasi itu berjumlah 50, sama seperti jumlah soal IPA..
Bu
Linda : Hm, baiklah, menurut kalian dari mana
Supri mendapatkan kunci jawaban ini?
Anjas : Dari
Bimo, Bu! Saya pernah melihat Bimo menulis notasi yang serupa dengan ini! Dan
seingat saya, Bimo bekerja di Bina Karya, tempat percetakan soal
ulangan di sekolah ini.
Bu
Linda : Hm akan Ibu katakan ini pada Bu
Maria.
Arga : Baik,
terima kasih Bu..
Bu
Linda : Dan suruh Bimo dan Supri ke BK!!
Di
kantor guru..
Bu
Linda : Maria, sepertinya di kelas X
MIPA 6 ada yang mencontek saat ulangan IPA..
Bu
Maria : Benarkah? Siapa?
Bu
Linda : Arga dan Anjas menceritakannya,
mereka menemukan kertas ini di loker meja Supri.
Bu
Maria : Jadi Supri mencontek?? Ia
mendapatkan nilai 100 saat ulangan IPA.
Bu
Linda : kemungkinan besar begitu. Dan Supri
mendapatkan ini dari Bimo! Bimo kan bekerja di Bina Karya..
Bu
Maria : Kalau begitu, aku harus membuatkan
soal yang baru lagi untuk Supri.
Bu
Linda : Ya, dan Aku tadi memanggil
mereka berdua ke ruang BK. Ayo, mereka mungkin sudah menunggu.
Di
ruang BK
Bu
Maria : Supri, apa benar kamu
mencontek?
Supri : Hm..
Ng.. Iyaa,, Bu.. (gugup)
Bu
Linda : Dari mana kamu mendapatkan kunci
jawaban itu?
Supri : Dari....
Bimo, Bu....
Bu
Maria : Benarkah Bimo?
Bimo : Iya..
Bu
Maria : Kenapa kamu mau memberikan
kunci jawaban itu?
Bimo : Karena....
Supri berjanji akan melunasi SPP saya selama sebulan..
Bu
Linda : Dan Supri melunasinya?
Bimo : Tidak..
Bu
Linda : Supri, mengapa kamu tidak menepati
janjimu?
Supri : Tidak
apa-apa.. Tapi, untuk apa saya menepatinya, karena pasti Bu Maria tidak mau
mengakui nilai saya..
Bu
Maria : Ibu memang tidak akan mengakui
nilai kamu, karena kamu curang. Tapi, untuk janjimu, bagaimana pun juga kamu
harus menempatinya.
Supri : Baik,
Bu.
Bu
Maria : Nah, hukuman untuk kalian
berdua, tulis 100 nama ilmiah makhluk hidup. Dan tambahan untuk Supri, kamu
harus mengulang ulanganmu. Mengerti?
Supri : Baik,
Bu...
Keluar
dari ruang BK, Supri mengejar Arga
Supri : Arga!!
Arga : Ya,
ada apa?
Supri : Kamu
ya yang bilang ke Ibu Maria dan Ibu Linda kalau aku mencontek!!
Arga : Ya,
maaf ya Supri.. Aku hanya ingin kamu sadar..
Supri : Tidak
apa-apa ko.. aku justru senang punya teman seperti kamu.. Maaf ya dengan
kata-kataku tadi...
Arga : Tidak
apa-apa..
Supri : Kita
belajar bareng lagi, oke?
Arga : Siap bos..
Arga : Siap bos..
Mereka lalu tertawa bersama
Komentar
Posting Komentar