CONTOH RPL BIMBINGAN KELOMPOK

Mumpung masih hangat nya, saya akan nyimpen ilmu yang saya dapat hasil dari PPG. dan semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua. Kali ini saya menggunakan tehnik SOSIODRAMA. Mohon kritik dan saran yang membangun



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi – Belajar
C
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pencegahan
D
Tujuan Umum
Peserta didik atau konseli mampu menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh- sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri
E
Tujuan Khusus
1.   Peserta didik mampu menyimpulkan Faktor Penyebab Menyontek ( C6 )
2.   Peserta didik mampu mempertajam  pengetahuan Akibat Menyontek (P5)
3.   Peserta didik mampu memecahkan masalah Cara Penanggulangan menyontek (A5)
F
Topik
Mencontek dan Akibatnya
G
Sasaran Layanan
X TKJ (Kelompok 3 )
H
Metode dan Teknik
Sosiodrama
I
Waktu
60  Menit
J
Media/ Alat
Naskah Sosiodrama
K
Tanggal Pelaksanaan
Rabu,   Januari 2020
L
Sumber bacaan
Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11, Yogyakarta, Paramitra Publishing
M
Uraian Kegiatan


1.Tahap Awal

·        Penyataan Tujuan
1.      Guru BK  membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta didik (menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Guru BK menyampaikan tentang tujuan bimbingan kelompok, yaitu:
a.      Peserta didik mampu menyimpulkan Faktor Penyebab Menyontek ( C6 )
b. Peserta didik mampu mempertajam  pengetahuan Akibat Menyontek (P5)
c.      Peserta didik mampu memecahkan masalah Cara Penanggulangan menyontek (A5)

·        Penjelasan tentang langkah- langkah kegiatan kelompok ( Pembentukan kelompok )( pembentukan kelompok )

Guru BK menjelaskantentang langkah-langkah kegiatan kelompok:
a.     Konselor menjelaskan bahwa bimbingan kelompok ini akan dilaksanakan dengan teknik sosiodrama dan peserta didik akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok pemain dan kelompok pengamat
b.    Konselor membacakan garis besar cerita sosiodrama tentang mencontek dan akibatnya
c.     Konselor memberi penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan masing-masing kelompok
d.    Menyepakati waktu bersama dalam kegiatan bimingan kelompok

·        Mengarahkan Kegiatan ( Konsolidasi)

Guru BK  memberikan penjelasan  tentang topik yang akan dibicarakan yaitu arti mencontek dan akibatnya

2.      Tahap Peralihan ( Transisi )

Guru BK menanyakan kalau-kalau ada siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasannya (Storming)
a.        Guru BK menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan kegiatan kelompok
b.       Guru BK memberikan kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang tugas-tugas yang belum mereka pahami
c.        Guru BK menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab jika diperlukan

Guru BK menyiapkan siswa untuk menyiapkan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukan (Norming)
a.        Guru BK menanyakan kesiapan para peserta untuk melaksanakan tugas.
b.        Setelah semua peserta menyatakan siap, kemudian guru BK atau konselor memulai masuk ke tahap inti/ kerja
1.      Tahap Inti/ Kerja

Proses/kegiatan yangdialami pesertadidikdalamsuatu kegiatanbimbingan berdasarkantekniktertentu (Eksperientasi)
Peserta didik melakukan kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tanggung jawabnya yang telah dijelaskan, yaitu:
a.        Kelompok pemain secara berkelompok dalam waktu 5 menit untuk mengidentifikasi tokoh dalam cerita, menentukan siapa yang akan berperan sesuai tokoh yang ada, menentukan skenario cerita, dan menampilkan sosiodrama.
b.       Kelompok pengamat bertugas mengamati jalannya sosiodrama.

Pengungkapan perasaan, pemikiran dan pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan (refleksi)
Guru BK memimpin diskusi setelah pelaksanaan sosiodrama. Refleksi yang akan diungkap adalah:
a.        Refleksi Identifikasi.
§  Bagaimana perasaan peserta didik saat memerankan perannya masing-masing?
§  Pemahaman apa yang diperoleh setelah mengikuti proses sosiodrama ini?”
b.       Refleksi Analisis
 Apa arti pentingnya persahabatan dalam hubungan sosial ?
c.        Refleksi Generalisasi
Selanjutnya, apa rencanamu setelah mengikuti sosiodrama ini?”
4.Tahap Pengakhiran

Menutup kegiatan dan tindak lanjut
Guru BK menyimpulkan hasil sosiodrama dan memberikan penguatan kepada peserta didik berkaitan dengan tugas perkembangannya serta memberikan tindak lanjut konseling individual atau kelompok bagi peserta didik yang menginginkannya.  Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming)
N
Evaluasi

1. Evaluasi Proses
Evaluasi setelah melihat proses yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok, meliputi:
a.      Menilai partisipasi dan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan.
b.     Menilai proses dinamika kelompok
c.      Menilai keterlaksanaan proses layanan

2.  Evaluasi hasil
Evaluasi setelah mengikuti bimbingan kelompok antara lain:
a.        Mengajukan pertanyaan untuk menilai pengalaman konseli dalam bimbingan kelompok
b.       Menilai perubahan pemahaman, sikap, dan tingkah laku siswa.
c.        Anggota kelompok mengisi instrumen penilaian dari guru BK. Tentang mencontek dan akibatnya



Mengetahui
Kepala SMK Darussalam Subah



Nur Inda Sari, S.Pd

                       Batang, Januari 2020

Guru BK


Ernawati, S.Pd





TEKS SOSIODRAMA


Tema        :    Mencontek
Tokoh        :    
 1. Arga                                  :     
2. Supri                                  :    
3.  Anjas (kelas IX)                :    
4. Bimo (kelas IX)                :    
5. Bu Maria (guru IPA)        :    
6. Bu Linda (guru BK)         :     

Arga dan Supri adalah teman baik, kemanapun mereka selalu bersama. Mereka juga selalu belajar bersama. Arga menduduki peringkat 1 di kelasnya, sedangkan Supri menduduki peringkat 3.
Suatu hari, Bu Maria membagikan hasil ulangan IPA.
Bu Maria     : Arga!! Supri!! (sambil memberikan kertas ulangan)

Setelah seluruh hasil ulangan selesai dibagikan..
Supri            : Lihat!! Arga, aku mendapatkan nilai 100.! (menunjukkan kertas ulangan)
Arga             : Hebat! Aku saja hanya mendapatkan 80..
Supri            : Hm,, Arga, kupikir..Mulai sekarang kita tidak perlu belajar bersama lagi, deh..
Arga             : Lho? Kenapa begitu??
Supri            : Kupikir tanpa harus belajar bersama, aku pasti bisa menyaingimu.. (lalu pergi meninggalkan Arga)

Arga merasa dia diremehkan, lalu Arga berjalan keluar kelas melewati bangku Supri yang kosong.
Tanpa sengaja Arga melihat selembar kertas bertuliskan notasi lagu, tetapi hanya memakai nada do-re-mi-fa. Karena penasaran, Arga lalu mengambil kertas itu dan membawanya ke kantin.
Di kantin, Arga memandangi kertas itu dengan teliti. Diam-diam Arga mencoba melagukan notasi itu.
Tiba-tiba Anjas datang.

Anjas           : Lagu apa yang sedang kamu gumamkan? Ko nadanya aneh.
Arga             : Ini. (menunjukkan kertas) Aku mendapatkannya di loker meja Supri.
Anjas           : Supri sahabatmu?
Arga             : Ya, tapi tampaknya ia tidak mengakuiku sebagai sahabatnya lagi.
Anjas           :  Kenapa begitu?
Arga             :  Saat ulangan IPA, aku mendapat nilai 80, dan Supri mendapat nilai 100. Lalu tiba-tiba Supri mendatangiku dan bilang kalau ia tidak mau belajar bersama lagi..
Anjas           :  Aneh,, boleh aku minjam kertas itu? (menunjuk kertas)
Arga             : Ya (menyerahkan kertas)

Anjas memperhatikan kertas itu dengan teliti, lalu berkata.

Anjas           :  Melihat kertas ini, aku jadi ingat cara Bu Linda saat mengoreksi ulangan kami. Bu Linda mengganti pilihan jawaban A, B, C, dan D dengan notasi do-re-mi-fa. Dan rasanya aku pernah melihat Bimo menulis notasi seperti ini.
Arga             :  Benarkah? Jangan-jangan.. (berdiri)
Anjas           :  Ya, sepertinya mereka curang!! (berdiri) Ayo, kita lapor. (menarik tangan Arga)
Arga             :  Tapi.. Aku tidak tega..
Anjas           :  Kecurangan ini harus diakhiri!

Mereka berdua akhirnya melapor pada Bu Linda, guru BK

Anjas           :  Ibu, saat Ulangan IPA kemarin, di kelas X MIPA 6 ada yang curang, Bu!!
Bu Linda     :  Curang bagaimana??
Anjas           :  Supri mencontek menggunakan kertas ini. (menyerahkan kertas)
Bu Linda     :  (mengambil kertas) Apa ini kunci jawaban?
Arga             :  IYA, dan notasi itu berjumlah 50, sama seperti jumlah soal IPA..
Bu Linda     : Hm, baiklah, menurut kalian dari mana Supri mendapatkan kunci jawaban ini?
Anjas           :  Dari Bimo, Bu! Saya pernah melihat Bimo menulis notasi yang serupa dengan ini! Dan seingat saya, Bimo bekerja  di Bina Karya, tempat percetakan soal ulangan di sekolah ini.
 Bu Linda    :  Hm akan Ibu katakan ini pada Bu Maria.
Arga             : Baik, terima kasih Bu..
Bu Linda     :  Dan suruh Bimo dan Supri ke BK!!

Di kantor guru..

Bu Linda     :  Maria, sepertinya di kelas X MIPA 6 ada yang mencontek saat ulangan IPA..
Bu Maria     :  Benarkah? Siapa?
Bu Linda     : Arga dan Anjas menceritakannya, mereka menemukan kertas ini di loker meja Supri.
Bu Maria     :  Jadi Supri mencontek?? Ia mendapatkan nilai 100 saat ulangan IPA.
Bu Linda     : kemungkinan besar begitu. Dan Supri mendapatkan ini dari Bimo! Bimo kan bekerja di Bina Karya..
Bu Maria     : Kalau begitu, aku harus membuatkan soal yang baru lagi untuk Supri.
Bu Linda     :  Ya, dan Aku tadi memanggil mereka berdua ke ruang BK. Ayo, mereka mungkin sudah menunggu.

Di ruang BK

Bu Maria     :  Supri, apa benar kamu mencontek?
Supri            :  Hm.. Ng.. Iyaa,, Bu.. (gugup)
Bu Linda     : Dari mana kamu mendapatkan kunci jawaban itu?
Supri            :  Dari.... Bimo, Bu....
Bu Maria     : Benarkah Bimo?
Bimo            :  Iya..
Bu Maria     :  Kenapa kamu mau memberikan kunci jawaban itu?
Bimo            :  Karena.... Supri berjanji akan melunasi SPP saya selama sebulan..
Bu Linda     :  Dan Supri melunasinya?
Bimo            : Tidak..
 Bu Linda    :  Supri, mengapa kamu tidak menepati janjimu?
Supri            :  Tidak apa-apa.. Tapi, untuk apa saya menepatinya, karena pasti Bu Maria tidak mau mengakui nilai saya..
Bu Maria     :  Ibu memang tidak akan mengakui nilai kamu, karena kamu curang. Tapi, untuk janjimu, bagaimana pun juga kamu harus menempatinya.
Supri            :  Baik, Bu.
Bu Maria     :  Nah, hukuman untuk kalian berdua, tulis 100 nama ilmiah makhluk hidup. Dan tambahan untuk Supri, kamu harus mengulang ulanganmu. Mengerti?
 Supri           :  Baik, Bu...

Keluar dari ruang BK, Supri mengejar Arga

Supri            :  Arga!!
Arga             :  Ya, ada apa?
Supri            :  Kamu ya yang bilang ke Ibu Maria dan Ibu Linda kalau aku mencontek!!
Arga             :  Ya, maaf ya Supri.. Aku hanya ingin kamu sadar..
Supri            :  Tidak apa-apa ko.. aku justru senang punya teman seperti kamu.. Maaf ya dengan kata-kataku tadi...
Arga             : Tidak apa-apa..
Supri            : Kita belajar bareng lagi, oke?
Arga             : Siap bos..

Mereka lalu tertawa bersama





































Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )