TIPS DALAM MENANGANI KONSUMEN

Bekerja di pelayan yang berhubungan dengan konsumen membutuhkan keahlian tersendiri. konsumen disini bisa masyarakat, wali murid bahkan pasien. pelayanan bisa dilakukan langsung ( tatap muka ) bisa juga lewat telp atau medsos.
kemudian mari kita bahas keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh pekerja yang berhubungan langsung dengan konsumen


  • Komunikasi,  dalam pelayanan, komunikasi yang jelas sangat penting sekali. kita harus tahu apa yang konsumen inginkan dan juga harus bisa menjelaskan apa yang bisa kita lakukan pada mereka. bicara dengan suara yang bisa di dengar, dengan nada yang optimis akan membantu kita berkomunikasi lebih jelas dan positif. 
  • Mendengar,  Keahlian dalam mendengar sama pentingnya dengan keahlian komunikasi. Dengarkan kbaik- baik keluhan konsumen agar kita tahu apa yang mereka butuhkan dan bagaimana kita bisa membantunya. Tunjukkan bahwa kita mendengar secara aktif melalui bahasa tubuh ( ya layaknya guru BK yang sedang mengadakan konseling ). Aspek penting dari layanan konsumen adalah  membuat mereka merasa didengar
  • Menahan diri, Kita yang bekerja di bidang pendidikan atau pelayanan masyarakat harus dapat dengan tenang menangani semua keluhan, bahkan yang paling negatif sekalipun. Kita harus berusaha tetap tenang, kesabaran dan pengendalian diri akan menjaga anda dari kemarahan dana mengatakan sesuatu yang tidak pantas.
  • Positif, Pastikan kita tahu tugpoksi kita, jika mereka memiliki masalah dengan pelayanan yang kita berikan bersikaplah proaktif dan optimis dapat membantu konsumen tetap positif juga.
  • Tegas, Jika berhadapan dengan konsumen, kendalikan situasi dan melakukan apa yang perlu anda lakukan dengan cara yang efisien tanpa menyinggung konsumen
  •  Resolusi konflik,  Tidak jarang kita menemui masalah yang terkadang dapat menjadi dilema buat kita. Berfikirlah kreatif dengan memikirkan dan memberikan solusi yang lebih spesifik, bantu mereka untuk menemukan taambahan bantuan dari masalah yang mereka alami dan jangan lupa tindak lanjut dengan konsumen untuk memastikan masalahnya telah teratasi.
  • Empati,  ikut merasakan dengan cara jika kita diperlakukan seperti itu oleh seseorang apa yang akan kita lakukan ?
  •  Fokus, Meskipun kita harus ramah dengan masyarakat, ingat bahwa kisah hidup kita bukan untuk dibagi. ketika mereka bercerita tentang masalah mereka, jangan di respon dengan pengalaman hidup kita ( ha ha ha ha terkadang saking asiknya kita terlena yach ?....). Kita cukup mengungkapkan dengan kata " ya saya mengerti", " saya merasakan " ( ini hampir sama dengan empati yach ! )
  •  Bertanggungjawab, ketika memang terbukti ada kelalaian ya jangan lupa kita meminta maaf dengan tulus atas nama instansi ( walau mungkin kesalahan itu tidak kita ketahui )
sumber : dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )