CARA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERKEMBANGAN FISIK DAN PSIKIS YANG TERJADI PADA MASA REMAJA

Mungkin anda pernah mendengar seorang remaja yang mengatakan, masa remaja adalah masa yang membahagiakan. Benarkah? Masa remaja terjadi setelah masa kanak- kanak dan sebelum masa dewasa. Pada masa peralihan dari masa kanak- kanak menuju masa remaja seseorang mengalami perubahan fisik maupun psikis. Perubahan fisik yang terjadi menimbulkan dorongan
seksual yang berarti telah siap untuk bereproduksi. Namun dorongan seksual
itu harus dikendalikan dengan moralitas dan norma yang berlaku dimasyarakat. Selain itu, remaja juga harus berperan di masyarakat sesuai dengan jenis kelaminnya dan harus dapat menemukan identitas diri yang positif. Dengan demikian, ia akan menjadi orang yang mandiri untuk mempersiapkan diri menuju kedewasaan.

 1. Pengertian Remaja
           Batasan Remaja yang digunakan untuk masyarakat indonesia, yaitu mereka yang berusia 11-24 tahun dan belum menikah (Sarlito Wirawan,1994,hlm.14). Bagi mereka yang berusia11-24 tahun tetapi sudah menikh, mereka tidak disebut remaja. Sementara merekan yang berusia 24 tahun ke atas tetapi belum menikah dan masih menggantungkan hidupnya kepada orang tua, masih disebut remaja.

2. Cara Menyesuaikan diri dengan Perubahan Fisik
            Menurut Sarlito (1994,hlm.51-52) perubahan fisik yang terjadi pada remaja adalah sebagai berikut 

a. Pada Remaja Wanita
  •    Pertumbuhan tulang- tulang ( badan menjadi tinggi ) anggota badan menjadi panjang
  •  Pertumbuhan payudara
  •  Tumbuh bulu dikemaluan
  •  Tumbuh bulu di ketiak
  •  Mencapai pertumbuhan tinggi badan yang maksimal setiap tahun
  •  Mengahami haid (menarche).
b. Pada Remaja Laki- laki
  • Pertumbuhan tulang- tulang
  •  Testis ( buah pelir membesar )
  •  Tumbuh bulu pada kemaluan
  •  Tumbuh bulu halus pada wajah ( Kumit, jenggot )
  •  Tumbuh bulu di ketiak
  •  Terjadi perubahan suara ( menjadi besar )
  •  Tumbuh bulu di dada
  •  Mengalami ejakulasi ( keluarnya air mani )

3. Cara menyesuaikan diri terhadap perkembangan Psikis

            Penyesuaian diri yang haru dilakukan pada masa remaja meliputi penyesuaian dengan perkembangan intelegensi, perkembangan peran sosial, perkembangan peran seksual dan perkebangan moral dan religi.

a. Perkembangan Intelegensi
           Perkembangan intelegensi pada remaja adalah mulai dapat berpikir abstrak dan hipotesis. dengan demikian, remaja sudah dapat memperkirakan apa yang mungkin terjadi. Remaja sudah dapat menga,bil kesimpulan mengenai suatu hal, untuk dapat menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. 

b. Perkembangan Peran sosial
           Perkembangan peran sosial yang dialami remaja dapat di lihat dari keinginannya untuk mandiri, tetapi ia masih harus terus menerus mengikuti orang tua.. Remaja juga mempunyai keinginan untuk mencari identitas diri. Perkembangan peran sosial remaja banyak dipengaruhi oleh faktor dari luar diri, seperti teman sebaya, media masa, dan media elektronik.

c. Perkembangan peran seksual
             Remaja ulai mempunyai rasa tertarik pada jenis kelamin lain. Sebagai remaja, Anda harus dapat mengendalikan rasa tertarik itu sehingga dapat terhindar dari perbuatan yang melanggar norma.

d. Perkebangan Moral dan Religi
            Moral dan Religi merupakan bagian yang cukup penting dalam jiwa remaja. Agama yang di anut oleh remaja adalah satu cara memenuhi kebuthan akan moral dan religi. Agama berguna untuk mengendalikan tingkahlaku remaja sehingga tidak terjerumus dalam kenakalan remaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )