Macam macam EMOSI

Cara mengendalikan dan mengarahkan emosi
Emosi meliputi perasaan seseorang yang terkena pengaruh. perasaan yang terpengaruh karena adanya rangsang yang di tangkap oleh indra. dua tipe kepribadian manusia:
1. orang yang emosionalnya tinggi dan mudah terpengaruh oleh kesan kesan yang di terima, mempunyai sifat mudah marah, mudah tersinggung, perhatian tidak mendalam, tidak suka tenggang menenggang, pendiriannya kuat dan ingin
selalu berkuasa
2. orang yang emosionalnya rendah dan tidak mudah terpengaruh oleh kesan kesan yang diterima.
mempunyai sifat: berhati dingin, berhati hati dalam menentukan pendapat, praktis, pandai menahan nafsu, suka tenggang menenggang, dan selalu memberi kebebasan kepada orang lain.
Macam Macam emosi
1. Emosi marah
seseorang yang marah terhadap orang lain disebabkan ia menganggap bahwa orang itu bersalah terhadap dirinya. orang yang marah bisa menunjukkan tingkah laku agresif, menganggu orang yang dikenai marah, membanting barang, memukul, bahkan membunuh
2. Emosi sedih, duka, susah dan pilu
semua orang yang mengalami musibah pasti merasa sedih. karena sedih, seseorang bisa menangis, bisa mengurung diri di kamar dan tidak mau bergaul dengan orang lain.
3. Emosi Iri
Orang sering membandingkan keadaan dirinya dengan orang lain. jika dirinya lebih rendah atau kurang dari orang yang dibandingkan maka timbul rasa iri. emosi iri harus dapat di kendalikan dan di ekspresikan secara positif. ekspresi iri yang positif akan menimbulkan gairah usaha dan meningkatkan kerja secara positif untuk menyamai orang yang dibandingkan itu.
4. Emosi Takut
ekspresi dari rasa takut dapat berupa lari menjauh dari obyek penyebab takut. rasa takut menyebabkan seseorang menghindari objek penyebab takut
5. Emosi Cinta
contoh dari ekspresi cinta adalah kisah remaja yang menjalin asmara.
Semua orang harus dapat mengendalikan emosi. emosi yang tidak dapat di kendalikan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. adapun cara mengendalikan emosi antara lain:
a. Setiap tindakan harus didasarkan pada akal sehat
b. Berpikirlah tentang akibat yang mungkin terjadi
c. Berusahalah untuk memaafkan orang lain.

Komentar

  1. sy jd emosi mbaca ini, eosi pengen bkn blok jg..hehe...txks sdh diberi kesempatan mbaca

    BalasHapus
  2. Artikelnya menarik.
    Tapi saya mau menambahi kalau macam-macam emosi tidak hanya emosi negatif seperti contoh-contoh diatas, ada emosi positif juga seperti, tenang, damai, bahagia, senang, gembira, dll.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RESUM / LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

BIODATA KONSELI ( KONSELING INDIVIDUAL )